RSS

Kebaikan dibalik Ketaqwaan.

04 Jul

الْحَمْدُ لِلَّهِ , الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا , وَدَاعِيًا إِلَى اللَّهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيرًا , وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ رَبُّ الَعَالَمِينَ وَقَيُّومُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرَضِينَ , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الْمَبْعُوثُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ أَخْلاَقِ الْمَخْلُوْقِيْنَ , رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ , اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَابِعِينَ وَالْعَامِلِيْنَ بِسُنَّتِهِ ، وَالدَّاعِيْنَ إِلَى شَرِيْعَتِهِ ، الرُّحَمَاءُ فِيْمَا بَيْنَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيـْنِ . أَمَّا بَعْدُ

فَيَا عِبَادَ اللهِ ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ ، وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

4JJ1 luv (1)Ma`asyiral muslimina rahimakumullah,

Pada kesempatan khutbah di siang hari ini, kami mengajak untuk bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt. dengan senantiasa berusaha untuk mengerjakan perintah-perintah Allah dan berusaha untuk selalu menjauhi semua apa yang dilarangNya. Agar kelak nantinya kita semua dapat digolongkan oleh Allah swt dalam golongan hamba-hambaNya yang muttaqqin. Yang telah dijanjikan oleh Allah dengan, Jannatun na`im ardhuhas samaawatu wal ardhi.

Kemudian shalawat dan salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita Rasulullah sayyidinaa Muhammad saw, beserta seluruh keluarganya, para sahabatnya, para tabi`it, tabi`in serta seluruh umat Islam hingga di akhir zaman. Amin Allahumma amiin.

Ma`asyiral muslimina rahimakumullah,

Dalam setiap kesempatan para khatib selalu menyampaikan tentang pentingnya peningkatan taqwa kepada segenap jama`ah yang hadir. Mengapa demikian? Karena taqwa adalah tujuan dari ibadah. Dan karena tidak ada suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat, baik kebaikan dhohir maupun kebaikan bathin, melainkan taqwa yang menjadi perintis dan penyebab yang mengantarkan kita kepada kebaikan itu. Demikian juga, tidak ada yang bisa membentengi kita dari perilaku-perilaku jahat di dunia maupun siksa di akhirat kelak kecuali taqwa atau ketaatan yang berujung pada kepasrahan hanya kepada Allah semata.

ا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ﴿١٣﴾

…Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Qs. Al Hujurat 13).

Hadirin sidang jum`ah rahimakumullah,

Allah telah menjanjikan kemuliaan di sisiNya dengan taqwa, bukan oleh sebab keturunan, bukan pula kekayaan, dan bukan pula dengan sebab-sebab yang lain. Tetapi Allah menjadikan taqwa sebagai penyebab kemuliaan seseorang karena dalam ketaqwaan terdapat berbagai kebaikan dan kebahagiaan, harta kekayaan dan keberuntungan, baik di dunia maupun kelak di akhirat.

Diantara kebaikan-kebaikan yang menyertai ketaqwaan kepada Allah swt adalah sebagai berikut, :

……….. وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ﴿١٩٤﴾

(194)…….Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (Qs. Al Baqarah :194)

1. Kebersamaan Allah dengan kita dalam setiap saat dan dalam setiap situasi dan kondisi. Sehingga mereka yang bertaqwa tidak lagi mempunyai perasaan khawatir dijauhi atau bahkan ditinggalkan oleh Allah swt. atau rasa kesedihan akibat dari sesuatu yang bersifat keduniaan terlepas atau bahkan hilang dari diri kita.

Ma`asyiral muslimina rahimakumullah, kebaikan yang kedua adalah :

….وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ﴿٢٨٢﴾

…….Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Qs. Al Baqarah 283)

2. Dengan sebenar-benarnya taqwa, Allah akan mengajari kita sekalian. Allah akan mengajarkan ilmunya kepada kita secara langsung. Dalam bahasa Istilah kita akan mendapatkan ilmu ladunni. Kita akan diberi kemudahan untuk menerima dan mencerna pelajaran dengan sangat cepat melalui mata bathin. Diberi kemudahan kelancaran untuk berbicara dan menyampaikan ayat-ayat Allah swt. Diberi kepahaman seperti kepahaman para salaf tentang ilmu-ilmu hikmah. Dengan demikian kita akan semakin dalam tentang pemahaman ilmu-ilmu Allah, sehingga kitapun akan semakin dekat pula pada amalan-amalan yang dapat menyebabkan keridhaan Allah pada diri kita.

3. Kebaikan yang ketiga adalah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ﴿٢٩﴾

(29)Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (Qs Al Anfaal : 29)

Allah akan memberi kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang bathil. Mana amalan atau perbuatan yang mendatangkan manfaat dan mana perbuatan yang mendatangkan mudharat Dan terhapusnya segala kesalahan-kesalahan dimasa lalu serta terampuninya kita dari dosa-dosa yang pernah kita perbuat di masa lampau.

4. Kebaikan yang ke empat adalah :

وَيُنَجِّي اللَّهُ الَّذِينَ اتَّقَوْا بِمَفَازَتِهِمْ لَا يَمَسُّهُمُ السُّوءُ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ﴿٦١

Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka, mereka tiada disentuh oleh azab (neraka dan tidak pula) mereka berduka cita.

Allah akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa dari panasnya api neraka. Ma`asyiral muslimina rahimakumullah, neraka berbahan bakar manusia dan batu. Kebanyakan orang-orang yang berdosa akan menjadi bahan bakar neraka karena dosa-dosa yang mereka perbuat. Dan orang-orang yang bertakwa diselamatkan oleh Allah. Mereka tidak tersentuh oleh adzab api neraka. Karena Allah telah mengharamkan api neraka bagi orang-orang yang bertaqwa.

Hadlirin rahimakumullah,..Kebaikan yang kelima adalah :

…. ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا﴿٢﴾

.Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

……. ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا﴿٤﴾

..Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.

…. ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا﴿٥﴾

……………dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. (Qs. At Thalaq 2 – 5)

5. Allah akan memberi jalan keluar dari setiap kesulitan hidup, mempermudah berbagai urusan baik urusan dunia maupun urusan akhirat, Allah akan memberi rizqi dari arah yang tidak kita sangka-sangka. Dan Allah akan menutupi kesalahan-kesalahan yang pernah kita buat serta akan melipat gandakan pahala bagi kita. Itulah sebagian janji Allah bagi orang-orang yang bertaqwa.

6. Kebaikan lain yang akan diberikan kepada manusia oleh Allah swt. adalah dimasukkannya orang-orang bertaqwa dalam surga yang penuh dengan kenikmatan.

تِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي نُورِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا﴿٦٣﴾

Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.(Qs. Maryaam : 63)

Hadlirin rahimakumullah,.

Marilah, disamping mengerjakan rutinitas sehari-hari, marilah kita coba untuk senantiasa menambah kepahaman kita tentang ilmu agama. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan secara rutin membaca ayat-ayat Allah, baik yang ada di dalam Alqur`an maupun tanda-tanda Allah yang ada di alam semesta. Baik yang bisa kita lihat dengan mata kita maupun yang bisa kita rasakan dengan indera kita. Sehingga dengan demikian akan meningkatkan keimanan kita yang secara otomatis juga akan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan disiang hari ini ada guna dan manfaatnya bagi para jama`ah sekalian, terutama bagi diri kami sendiri. Dan mudah-mudahan pula Allah akan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hambanya yang muttaqin sehingga kita bisa merasakan semua apa yang dijanjikan oleh Allah swt. tentang surga dan segala kenikmatan yang ada di dalamnya. Amin Allahumma amiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإيَّاكُمْ بمَا فيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذكْر الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْم

Khutbah kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ

وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى
وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 4, 2013 in Ceramah, Renungan

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: