RSS

Akhir Romadhon 1436 H.

14 Jul

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَذِى جَعَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرَ الْخَيْرَاتِ وَالْبَرَكََةِ وَأشْهَدُ أنْ لا اِلهَ اِلااللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ وَأشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِى أرْسَلَهُ اللهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ اللّهُمَّ صَلي وِسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ لِقَاءِ رَبِّهِمْ .أمَّا بعْدُ

Hadlirin Rahimakumullah

Alhamdulillah, dalu meniko kito saged pepanggihan malih wonten nglebete Musholla meniko dalam suasana bulan Romadhon. Ugi kulo aturaken alhamdulillah keranten wonten dalu meniko jumlah jama`ah sholat tarawih taksih kathah sanget. Hal ini menunjukkan menawi tiyang sekitar musholla meniko taksih benar-benar mencintai Allah swt. Dengan berbondong-bondong datang ke musholla untuk melaksanakan sholat berjamaah hal itu telah menunjukkan betapa cintanya masyarakat sekitar kepada musholla kita ini.

Tidak perduli dengan situasi dan kondisi yang kadang menghambat kita untuk datang ke masjid, dalu meniko, wonten wulan ingkang dimulyaaken dening Allah swt, panjenengan tetap konsisten untuk datang ke masjid atau musholla untuk sholat berjama`ah. Mugi-mugi keranten konsistensi panjenengan, Allah swt berkehendak memasukkan panjenengan sedoyo nantinya ke dalam golongan hamba-hambanya yang mendapatkan kemudahan di hari penghisaban kelak. Dan mudah-mudahan pula Allah swt juga memasukkan panjenengan sedoyo kedalam golongani ahli-ahli surga. Amin allahumma amin.

Hadlirin Rahimakumullah

Bulan Romadhon ugi kasebat bulan kesabaran. Lan kesabaran saged dados sababiyah kulo lan panjenengan sedoyo kalebet sakjroning golongan ahli suwargo. Mengapa bisa demikian? Keranten namung tiyang sing sabar ingkang bade dipun cekapi pahala kaliyan Allah swt. tanpo wates. Hanya orang-orang yang sabarlah yang akan dicukupkan pahalanya oleh Allah tanpa batas.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.(QS. Az Zumar : 10)

Tidak ada keberuntungan yang paling besar dalam hidup seseorang kecuali pahala dari Allah yang tanpa batas. Dipun perjelas malih kaliyan Allah swt. wonten surah Fushshilat ayat 35,

وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ﴿٣٥

(35)Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.

Ayat diatas menjelaskan selain balasan pahala tanpa batas, Allah juga menganugerahkan sifat-sifat yang baik hanya kepada mereka yang sanggup bersabar. Bersabar dalam berbagai hal. Termasuk di dalamnya bersabar dalam menjalankan perintah Allah swt. Nggih ugi termasuk sabar anggen kulo panjenengan nglampahi sedoyo perintah lan anjuran wonten saklebete wulan romadhon meniko. Sabar dalam menahan diri sampai waktu berbuka. Sabar dalam menahan segala perilaku maksiat sakjrone nglampahi ibadah siyam. Sabar dalam mengerjakan ibadah sholat, maos lan mendalami Al Qur`an, sholat tahajud ning tengah wengi. I`tikhaf di masjid. Sabar dalam bersedekah. Sabar dalam berperilaku, baik ucapan maupun perbuatan-perbuatan yang akan mengurangi kesempurnaan ibadah puasa kita.

Kesabaran memang harus menyelimuti ibadah Ramadhan. Jika ingin meraih essensi daripada ibadah di bulan Ramadhan, tak ada jalan lain kecuali harus melakukan semua perintah ibadah di bulan Ramadhan dengan penuh kesabaran. Seperti telah kita ketahui bersama, bahwa kesabaran adalah kunci untuk membuka sifat-sifat yang baik. Jika kita melandasi Iman dan kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa, insya Allah pada bulan syawal yang akan datang kita akan kita akan hadir dalam bentuk karakter yang lain. Taat atau patuh pada perintah Allah swt. Dari yang sebelumnya enggan menjalankan shalat menjadi begitu intens dalam mengamalkannya.

Demikian juga dengan perilaku ibadah yang lain. Akan ada perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan perilaku-perilaku sebelum Ramadhan. Keinginan untuk menimba ilmu Iman dan Islam akan tumbuh dengan cepat atau perlahan. Yang pasti, tambahan ilmu Iman dan Islam yang dipelajari akan menambah kemampuan dalam pemahaman agama. Jika hal tersebut berlangsung selama beberapa bulan, maka hasilnya akan semakin terlihat dengan jelas. Keyakinan dalam bertauhid akan semakin kuat dan mantap. Perilaku keseharian perlahan juga akan dapat dirasakan manfaatnya oleh orang-orang sekitar. Sopan, santun dan semakin terasa kerendahan hatinya. Jika terlihat tanda-tanda yang demikian pada diri seseorang, maka minimal bisa kita pastikan kalau seseorang tersebut telah mendapat berkah dari ibadah bulan Ramadhan.

Ngapunten namung mekaten ingkang saged kawulo aturaken dumatheng panjenengan sedoyo. Mugi-mugi wonten manfaatipun kangge panjenengan sedoyo lan kulo. Lan mugi-mugi Allah berkenan untuk memberikan kepada kita sekalian sifat-sifat yang baik sebagai kunci terbukanya predikat ikhsan dimana ketaqwaan mengharuskan kepada kita untuk memilikinya. Dan mudah-mudahan pula label muttaqin juga tersemat pada diri kita sekalian sebagai kunci terbukanya rahasia Allah swt, yaitu surga dengan segala kenikmatannya yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bertaqwa.

Akhirul kalam, billahi taufiq wal hidayah,

wassalamu `alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2015 in Renungan

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: